Serunya Mancing di Pemancingan Kalanganyar, Sedati - Sidoarjo!

pemancingan kalanganyar, sedati, sidoarjo
Salah satu Pemancingan di Kalanganyar, Sedati - Sidoarjo
Pemancingan disini lumayan besar dan luas, itu bisa dilihat dari adanya lebih dari 8 kolam besar yang bisa dijadikan pengunjung untuk memancing. Ada beberapa ikan yang bisa dipancing disini, diantaranya ikan bandeng, nila, gurami, patin, hingga tombro. Tapi yang paling banyak adalah ikan bandeng. Ikan dari hasil mancing kita nantinya bisa kita bawa pulang atau kita makan langsung di lokasi dengan bantuan tukang masak yang stand by di sana. Untuk ikan hasil tangkapan harus dibeli oleh pemancing dan tidak diberikan secara gratis, makanya mancingnya gampang karena di kolam tersebut sudah ada ikannya yang sangat banyak--kita tinggal pancing saja. Jangan membayangkan mancing itu seperti kita mancing di sungai, yang ikannya bisa kita dapat secara gratis.

Kalanganyar menjadi pusat pemancingan. Di desa itu total ada 9 pemilik kolam pancing. Tetapi, masing-masing pemilik bisa memiliki berhektare-hektare kolam pancing. Yang terbanyak kolam pancing ikan bandeng. Desa lain yang juga memiliki kolam pemancingan adalah Kwangsan, Gisik Cemandi, dan Ce mandi. Kwangsan terkenal dengan ikan gurami dan patin. Dua desa sisanya adalah ikan nila dan tombro.

Pada hari-hari biasa, kesibukan di kolam pemancingan itu tidak terasa. Di satu kolam pemancingan, hanya ada 20-50 orang. Tetapi, jika hari libur atau weekend, jalan-jalan di empat desa tersebut bakal penuh dengan deretan mobil dan sepeda motor yang diparkir tak jauh dari lahan kolam pancing. Yang memakai mobil kebanyakan dari luar kota. Sebagian besar pemancing luar kota itu berasal dari Surabaya. Tetapi, banyak juga yang berasal dari Mojokerto, Pasuruan, hingga Malang.

Di hari libur, jumlah pemancing di satu tempat pemancingan bisa mencapai ratusan orang bahkan lebih. Bahkan, hampir tidak ada sela di sepanjang pinggiran kolam pancing saking banyaknya. Semua penuh dengan kursi-kursi kecil yang ditempati pemancing. Pemancing dari luar kota biasanya membawa keluarga mereka atau jika mereka pegawai kantoran, mereka mengajak beberapa teman mereka. Tidak nyaman jika memancing dilakukan sendiri he he he. Tidak jarang, banyak pemancing yang datang saat malam. Mungkin mereka ingin memancing sambil uji nyali. Beberapa kolam pemancingan memang buka 24 jam.

Desa-desa tersebut sejak dulu memang berupa tambak. Baik itu ikan air tawar maupun ikan air payau. Baru sepuluh tahun lalu, satu demi satu pemilik tambak mulai membuka tambaknya menjadi kolam pemancingan. Saat ini, luas total kolam pemancingan di Sedati mencapai 17 hektare. Makin banyaknya kolam pemancingan di Kalanganyar dan beberapa desa sekitarnya menggeliatkan perekonomian warga.

Masing-masing tempat pemancingan biasanya menyediakan layakan one stop service. Pemancing yang datang tanpa membawa alat bisa menyewa alat pancing. Jika dapat, setelah dibayar, bisa minta dihilangkan durinya. Kalau ingin langsung dimakan, rata-rata kolam pemancingan menyedia kan jasa pembakaran. Ikan yang dibakar itu sudah dibumbui plus disediakan sambal dan nasi. Jadi, tinggal makan ikan hasil tangkapan. Tidak perlu semua dibakarkan. Sisa ikan hasil pancingan tetap bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

Salah satu tempat pemancingan yang cukup tenar di Kalanganyar, Sedati, adalah laguna milik H. Samsul Anam. Tempat itu bisa dibilang paling luas dan paling sering jadi jujukan warga luar kota.
Luas tempat memancing yang berdiri pada 2003 tersebut sekitar 3 hektare yang dibagi menjadi empat petak kolam pancing. Ikan di tempat pemancingan itu adalah bandeng. Per kilo bandeng dihargai Rp 18 ribu-Rp 20 ribu.

Salah seorang pengelola laguna, menyatakan bahwa pada hari kerja satu petak kolam pancing hanya berisi 5-10 orang. Namun, saat hari libur, jumlah pemancing bisa mencapai 500-750 orang. Mereka biasa datang pada pagi, kemudian memancing hingga malam. Per orang biasanya membawa pulang 2-3 kilogram ikan. Jika ditotal, omzetnya mencapai Rp 30 juta-Rp 45 juta. Itu belum termasuk biaya sewa alat pancing atau jasa memasak ikan. Kalau hari libur, banyak yang langsung makan di tempat.
Di satu petak kolam pancing rata-rata berisi 4 ribu ekor ikan yang diisi seminggu sekali. Jadi, pemancing bisa dengan mudah men dapatkan ikan. Ikan yang dimasukkan berasal dari tempat pembesaran. Jadi, tidak ada yang kecil. Rata-rata beratnya 3 ons.

Masakannya termasuk enak. Yang sepesial ada sambal mangga muda dan sambal kacang, disamping sambal kecap seperti menu standard kita sehari-hari. Lebih enak lagi jika makan bersama-sama karena ada temanya, meski banyak juga yang mancing disini sendirian. Mungkin mereka lagi ingin menyendiri atau memang mereka tidak punya teman, wah itu bukan urusan saya. He he he...


hasil masakan ikan hasil pemancingan
Hasil Masakan

Sebelum memancing, ada beberapa alat yang harus kita siapkan, diantaranya:

  1. Kita bisa bawa alat pancing sendiri atau menyewa alat pancing disana seharga 10 ribu.
  2. Makanan untuk umpan mancing yaitu pakan ikan biasa berbentuk bulat2 kecil dan bukannya cacing. Makanan untuk umpan pancing juga tersedia di sini dengan harga yang murah sekitar 10 ribu-an/kantong plastik. 
  3. Bawa juga jaring ikan ukuran sedang untuk wadah membawa ikan jika ikan sudah ditangkap. 
  4. Sedia juga kain lap atau jaring buat memegang ikan saat ikan akan dimasukkan ke keranjang/jaring tempat ikan hasil tangkapan.


    Berikut video cara menangkap ikan di pemancingan yang benar. Jika menangkap ikan tidak memakai jaring maka ikan akan bergerak-gerak terus dan ini menyebabkan ikan sulit untuk dipegang. 





Seruuuuu!!! Ya, pasti seru. Jika anda penasaran dengan suasananya, berikut saya kasih penampakan fotonya:

pemancingan kalanganyar sidoarjo
Suasana di Pemancingan Kalanganyar, Sidoarjo

Berikut video suasana pemancingan di Kalanganyar, Sedati - Sidoarjo.


Sumber rujukan: http://dprd-sidoarjokab.go.id. 

3 komentar:

  1. kami menawarkan ikan lele uk 500gr/ekor, freeong untuk pembelian min 500kg harga 13rb/kg seluruh surabaya sidoarjo malang gresik jombang kediri pasuruan madura hub 081803078677

    BalasHapus
  2. Apakah dibulan puasa tetep buka 24jam

    BalasHapus